Breaking News

Resep Cakwe Sederhana. Bikin Sendiri Lebih Enak!


Bunda pasti udah enggak asing lagi sama jajanan cakwe. Tapi Bunda tahu enggak, sebenarnya cakwe bukan makanan asli dari Indonesia loh. Cakwe sendiri merupakan merupakan bahasa Tiongkok. Tapi di Indonesia sendiri makanan ini udah khas banget dan banyak yang suka. Biasanya jajanan cakwe ini dijual oleh pedagang kaki lima.

Cara untuk menyajikannya juga sangat beragam, misalnya aja untuk daerah Solo ataupun daerah Jawa Tengah yang disajikan dengan susu kedelai. Tapi untuk di daerah lain, jajanan ini disajikan dengan menggunakan sambal asam cair. Berbeda dengan di Pontianak dan daerah Kalimantan Barat yang disajikan hasil manis dan kenyal. Nah, Bunda juga bisa bikin resep cakwe sendiri kok di rumah.

Cemilan cakwe ini bisa Bunda sajikan untuk keluarga yang sedang berkumpul di rumah. Pasti suasanya jadi lebih enak, dan semakin seru untuk cemilan ketika ngobrol dengan keluarga. Tapi enggak cuma itu, Bunda juga bisa menyajikan jajanan ini ketika sedang ada acara arisan ataupun pengajian di rumah. Banyak tamu yang akan suka karena memang sajiannya unik dan enggak biasa. Kalau bikin resep cakwe sendiri di rumah rasanya lebih enak Bun dan juga lebih irit. Jadi Bunda udah enggak perlu beli sekalipun di daerah Bunda banyak juga yang jual.

Buat bahan-bahan yang dibutuhkan bikin cakwe sebenarnya gampang banget ditemukan kok Bunda. Terus langkah baut bikinnya juga enggak makan waktu yang lama, jadi enggak bikin capek ataupun bosan bikinnya. Berikut ini ada beberapa bahan sama langkah yang bisa Bunda ikuti buat bikin resep cakwe sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • Bahan cakwe
  • 150 gram tepung terigu
  • 30 gram gula halus
  • 1 sdt fernipan( dicairkan dg air hangat)
  • 1 butir telur
  • 20 ml air

Langkah Membuat:

1. Campurkan semua bahan menjadi satu, aduk rata dan uleni sampai kalis,
Lalu tutup dg plastik/ kain, diamkan selama 30 menit


2. Ambil Adonan yg sudah mengembang lalu pindahkan ke tempat yg datar yg sudah di olesi dengan minyak


3. Olesi adonan dg minyak. Setelah itu pipihkan adonan seperti gambar di atas. Dan diamkan selama 2jam (tutup adonan dg plastik/kain)


4. Potong adonan kecil memanjang. Adonan yg sudah di potong di tumpuk dua. Tekan dg menggunakan sumpit/ tusuk. Lalu tarik berlahan dan sedikit di putar. Goreng dg menggunakan minyak panas api kecil, tunggu sampai kuning kecoklatan lalu angkat.


5. Nikmati dg saos sambal/ mayonaise


Nah, itu dia Bunda bahan sama langkah buat bikin resep cakwe di rumah yang bisa Bunda ikuti. Enggak ribet dan simple kan Bunda? Bahan yang digunakan juga gampang sekali ditemukan. Untuk takaran porsi dan bahan bisa disesuaikan sama kebutuhan dan selera Bunda di rumah. Entah mau ditambah ataupun dikurangi. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber

Tidak ada komentar