Breaking News

Kementerian Peruntukan Rp100milyar untuk Membangun Kembali Papua


Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalokasikan Rp100 miliar untuk rekonstruksi dan renovasi bangunan di Jayapura yang rusak akibat kerusuhan. Gelombang protes dan demonstrasi di Papua yang menyebabkan kerusuhan pada akhir bulan lalu telah membuat banyak kantor dirusak dan dibakar pada hari Kamis, 29 Agustus.

Menteri Basuki Hadimuljono mengatakan anggaran sebesar Rp100 miliar akan digunakan untuk membangun kembali gedung dan kantor pemerintah mulai minggu depan.

Menurut Basuki, dana restorasi sebesar Rp100 miliar akan dialokasikan dalam Anggaran Belanja Nasional (APBN) 2019. 

Dia mengatakan bahwa kantor yang mengalami kerusakan terberat adalah Kantor KPU Papua dan Kantor Pabean Jayapura.

"Dua bangunan ini akan menghabiskan sebagian besar anggaran. Untuk Kantor KPU, Gubernur Papua telah memintanya untuk menjadi bangunan dua lantai. Sementara itu, struktur kantor Bea Cukai rusak parah, sehingga harus dihancurkan dan dibangun kembali, "katanya pada hari Selasa, 3 September.

Periode pemulihan, dia memperkirakan, akan memakan waktu satu bulan untuk bangunan yang hanya membutuhkan perbaikan, sementara struktur yang perlu dibangun kembali akan memakan waktu sekitar enam bulan pekerjaan konstruksi.

Tidak ada komentar