Breaking News

Xanana Gusmao Mengunjungi Kediaman BJ Habibie


Jakarta - Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao mengunjungi kediaman BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, pada Sabtu malam untuk menyerahkan dua surat dan menyatakan belasungkawa terdalam dari seluruh rakyat di negaranya atas meninggalnya BJ Habibie .

Didampingi oleh Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto Xavier Pereira Carlos, Gusmao tiba di rumah Habibie sekitar pukul 8:25 malam waktu setempat. Tak lama setelah turun dari mobil, mereka langsung memasuki rumah.

Gusmao dan Carlos diterima oleh anggota keluarga Habibie, termasuk dua putranya, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

"Saya datang ke sini sebagai perwakilan dari Pemerintah dan Rakyat Timor Leste untuk menyampaikan pesan mereka kepada keluarga Habibie dan untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas meninggalnya Habibie," kata Xanana Gusmao kepada wartawan setelah pertemuan.

Dia memuji Habibie atas keunggulannya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengatakan bahwa presiden ketiga Indonesia ini adalah seorang inspirator karena kecerdasannya dalam sains dan teknologi dan konsistensinya dalam menegakkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip universal.

Gusmao juga menyoroti peran BJ Habibie ketika memimpin Indonesia pada 1998-1999 yang membuka jalan bagi kelahiran Timor Leste setelah plebisit yang disponsori PBB berakhir dengan kemenangan kubu pro-kemerdekaan.

"Pada waktu yang sangat singkat dan sulit, Mr. Habibie memberi seluruh rakyat Timor Leste (Timor Leste) hak mereka untuk berpartisipasi dalam penentuan nasib sendiri. Karena itu, kita akan pernah melupakannya," katanya.

Beberapa hari yang lalu, ada rekaman video yang menunjukkan momen Xanana Gusmao mengunjungi Habibie di sebuah rumah sakit pada bulan Agustus. Kedua tokoh ini telah menjalin persahabatan yang baik sejak lama.

Mantan presiden berusia 83 tahun itu meninggal pada pukul 18:05 Rabu (11 September) di Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Subroto (RSPAD) di mana ia dirawat oleh dokter terbaik, termasuk dari Tim Dokter Presiden, sejak 1 September. .

Mantan presiden dimakamkan di pemakaman para pahlawan dengan penghargaan militer penuh pada hari Kamis (12 September).

Sepanjang jalan dari rumah duka di Patra Kuningan ke Pemakaman Pahlawan Nasional di Kalibata, Jakarta Selatan, banyak orang berdiri di sepanjang bahu jalan untuk memberi penghormatan terakhir kepada BJ Habibie .

Tidak ada komentar