Breaking News

Jokowi Memerintahkan Kepala Polisi, Panglima TNI untuk Menangani Kebakaran


Jakarta - President Joko Widodo or Jokowi has contacted National Police Chief General Tito Karnavian and Indonesian Military (TNI) Commander Marshal Hadi Tjahjanto regarding the land and forest fire issue.

Menurut kepala biro pers presiden Erlin Suastini, Presiden juga menghubungi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Ketua Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Doni Monardo, dan ketua BMKG Dwikorita Karnawati pada Jumat malam, 13 September, memerintahkan mereka untuk melakukan koordinasi dalam menangani api.

Komandan TNI Marshal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa lembaganya menggunakan teknologi modifikasi cuaca atau curah hujan buatan di daerah-daerah yang terkena dampak kebakaran hutan. "Curah hujan buatan dibuat jatuh di Indragiri Hilir, Riau, hari ini (Jumat)," katanya dalam siaran pers resmi dari Sekretaris Presiden pada hari Sabtu, 14 September.

Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan TNI telah mengerahkan pesawat CN-295 dan Hercules tambahan untuk mendorong hujan buatan yang lebih besar dengan menyebarkan garam 3,5 ton, menambahkan bahwa ia dan Kepala Polisi Tito Karnavian sebelumnya langsung datang ke lapangan untuk menangani kebakaran .

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita menyatakan bahwa hujan diperkirakan akan turun di Provinsi Riau hari ini.

Ketua BNPB Doni Monardo meminta semua orang, terutama pejabat regional, untuk bersinergi dalam mengatasi fenomena tahunan negara itu.

Tidak ada komentar