Breaking News

Resep Cilok Empuk dan Kenyal. Jadinya Banyak!


Awal mula makanan ini berasal dari Jawa Barat, dan bahan dasar resep cilok (aCI dicoLOK) ialah tepung tapioka yang memiliki tekstur kenyal. Biasanya cilok di sajikan dengan saus kacang, kecap atau juga saus sambal. Jika Bunda menanyakan pada si kecil, pasti si kecil tahu apa itu cilok.

Bentuk dari cilok itu sendiri ialah bulat-bulat kecil menyerupai bakso. Hanya saja bahan dasar dari cilok berbeda dengan bakso. Di sekitar kita cilok sering kita temui di jajakan oleh pedagang kaki lima dan biasanya mereka berdagang di area sekolah si kecil dan juga tempat-tempat ramai seperti pasar. Cilok berbeda dengan siomay. Meski sama bualatan-bulatan kecilnya tapi berbeda rasanya dan teksturnya.

Nama cilok itu sendiri berasal dari bahasa Sunda aci. Dalam bahasa Sunda aci berarti tapioka. Sedangkan di colok adalah cara makannya. Unik ya Bunda nama cilok ini. Dari pada Bunda bingung dengan asal muasal nama cilok, lebih baik Bunda coba sendiri cara membuat cilok tersebut. Di jamin Bunda bakalan suka dan ingin makan lagi. Di bawah ini adalah resep cilok (aCI dicoLOK) yang bisa Bunda coba, caranya mudah dan pasti Bunda bisa membuatnya. Simak selengkapnya.

Bahan-bahan

  • 250 gr tepung terigu
  • 250 gr kanji/tapioka
  • 2 btg daun bawang, iris tipis
  • 250 ml air panas (1 gelas belimbing)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt penyedap rasa *optional
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Secukupnya garam

Bumbu Halus

  • 2 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Langkah Membuat

1. Dalam wadah, campur terigu, kanji, daun bawang, garam, merica bubuk, gula pasir, penyedap, dan bumbu halus. Aduk rata.


2. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai centong/sendok sampai adonan bisa dipulung. Hati" ya nuangnya kalau kebanyakan air nanti jadi lembek. Cicipi rasanya, kalau kurang asin boleh ditambah garam.


3. Didihkan air.. Beri 1 sdm minyak dan sedikitt garam. Ambil secuil adonan cilok lalu bulatkan.. Masukkan kedalam air tadi. Lakukan sampe adonan habis. Rebus cilok sampai mengapung sekitar 15-20 menit. Tiriskan.


4. Kukus cilok selama 15 menit.. Sajikan bersama saos kacang, saos sambal, kecap, dan bon cabe. Optional pokoknya yaa.. Jadinya lumayan banyak kalau dibikin kecil2 gini. Kalau mau dikit pake 1/2 resep aja ya


5. Enaaak poll sampe ngiler pas ngefoto ini pengen buru2 comot


6. Selamat mencoba..


Saran Penyajian

1. Sajikan selagi hangat karena teksturnya yang kenyal, kalau dingin agak keras

2. Bunda juga bisa memberikan isian dari cilok ini, bisa di isi dengan telur yang di goreng lalu di iris kecil-kecil, atau juga bisa di isi dengan daging ayam yang di suwir-suwir kecil, atau bisa juga ikan, pokoknya suka-suka Bunda aja.

Itu tadi resep cilok (aCI dicoLOK) yang bisa Bunda praktekkan di rumah. Dari pada si kecil sering beli cilok di luar yang tidak jelas bahan dan kulaitasnya, lebih baik Bunda buatkan sendiri di rumah. Jika cilok buatan Bunda berhasil dan cocok di lidah semua orang, maka cilok ini bisa jadi bisnis tambahan Bunda. Bunda bisa menjajakan sendiri atau di setorkan pada orang lain. Bagaimana Bunda, masih tetap tidak ingin mencobanya?

Sumber

Tidak ada komentar