Lowongan Kerja BUMN BPJS Kesehatan
Opini Bangsa - BPJS Kesehatan atau dahulu disebut PT Asuransi Kesehatan (Askes) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI PT Askes (Persero) ditunjuk sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin (PJKMM). PT Askes (Persero) mendapat penugasan untuk mengelola kepesertaan serta pelayanan kesehatan dasar dan rujukan. BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan. BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan dahulu bernama Jamsostek merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013.
BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014. BPJS Kesehatan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan), yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero), namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT Askes Indonesia berubah menjadi BPJS Kesehatan sejak tanggal 1 Januari 2014, perubahan nama ini lebih dahulu dibanding dengan perusahaan BUMN asuransi miliki pemerintah lain yaitu PT Jamsostek yang kini telah berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan pada bulan Juni tahun 2015 ini.
Visi
- CAKUPAN SEMESTA 2019 � Paling lambat 1 Januari 2019, seluruh penduduk Indonesia memiliki jaminan kesehatan nasional untuk memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatannya yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan yang handal, unggul dan terpercaya.
Misi
- Membangun kemitraan strategis dengan berbagai lembaga dan mendorong partisipasi masyarakat dalam perluasan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
- Menjalankan dan memantapkan sistem jaminan pelayanan kesehatan yang efektif, efisien dan bermutu kepada peserta melalui kemitraan yang optimal dengan fasilitas kesehatan.
- Mengoptimalkan pengelolaan dana program jaminan sosial dan dana BPJS Kesehatan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel untuk mendukung kesinambungan program.
- Membangun BPJS Kesehatan yang efektif berlandaskan prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik dan meningkatkan kompetensi pegawai untuk mencapai kinerja unggul.
- Mengimplementasikan dan mengembangkan sistem perencanaan dan evaluasi, kajian, manajemen mutu dan manajemen risiko atas seluruh operasionalisasi BPJS Kesehatan.
- Mengembangkan dan memantapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung operasionalisasi BPJS Kesehatan.
Kantor pusat perusahaan :
BPJS Kesehatan
JL Letjen Suprapto Cempaka Putih
PO BOX 1391 JKT 10510
021-4212938 (Hunting)
BPJS Kesehatan melalui program rekrutmennya saat ini membuka lowongan kerja terbaru pada bulan Oktober tahun 2019 untuk mencari calon � calon tenaga kerja yang siap diterjunkan ke setiap lini atau divisi kerja dalam perusahaan yang sedang membutuhkannya saat ini. Dengan diadakannya rekrutmen atau lowongan kerja ini perusahaan berusaha mencari individu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tentunya sesuai juga dengan minat dan harapan dari para pencari kerja karena dengan adanya hubungan yang baik antara tenaga kerja dan perusahaan akan tercipta suasana kondusif di lingkungan perusahaan. Adapun dibawah ini adalah jabatan yang tersedia pada peluang kerja kali ini yang dibuka oleh pihak perusahaan dengan kualifikasi sebagai berikut.
Lowongan BPJS Kesehatan Posisi :
CANDIDATE POOLING PTT JABODETABEK OKTOBER 2019
SEKRETARIS KEDEPUTIAN WILAYAH (KODE : SKR)
Gambaran Pekerjaan :
- Pengelolaan Administrasi dan Kegiatan Pimpinan
- Pengelolaan kegiatan keprotokolan
- Pengelolan arsip konvensional (arsip fisik)
- Pengeloaan arsip digital
- Pengelolaan tata naskah dinas dan surat menyurat
Persyaratan Pencari Kerja :
- Perempuan
- Pendidikan diutamakan Sekretaris, Administrasi Bisnis
PELAYANAN PESERTA / FRONT LINER (KODE PEMINATAN : FLR)
Gambaran Pekerjaan :
- Memverifikasi, menyimpan, memutakhirkan, melakukan pencarian kembali, memvalidasi, dan mendistribusikan dokumen atau data kepesertaan.
- Melakukan verifikasi dan validasi data
- Merekapitulasi jumlah formulir
- Mencatat identitas peserta dan informasi yang diminta tentang komunikasi dan pemberian informasi secara langsung
Persyaratan Pencari Kerja :
- Customer oriented
- Memiliki komunikasi yang baik
- Ramah
ADMINISTRASI KEPESERTAAN (KODE : ADK)
Gambaran Pekerjaan :
- Merekapitulasi data peserta.
- Melakukan rekonsiliasi data peserta dengan Badan Usaha (BU).
- Melakukan pencatatan dan monitoring terhadap distribusi Kartu Indonesia Sehat
- Meminta dan memonitor pengembalian kartu (peserta keluar, perubahan dokter keluarga/data umum, produk).
Persyaratan Pencari Kerja :
- Memiliki keberminatan dalam mengelola data dalam jumlah besar (big data)
- Memiliki kemampuan olah data dengan excel
PENANGANAN PENGADUAN PESERTA (KODE : PPP)
Gambaran Pekerjaan :
- Menerima eskalasi keluhan peserta dari Staf Pelayanan Peserta
- Menerima keluhan peserta
- Memberikan penjelasan kepada peserta dan menyelesaikan keluhan peserta
- Melakukan kunjungan terkait penyelesaian keluhan kepada peserta
Persyaratan Pencari Kerja :
- Berempati dengan keluhan orang lain
- Mampu memberikan solusi atas kesulitan orang lain
RELATIONSHIP OFFICER (KODE : RLO)
Gambaran Pekerjaan :
- Pelaksanaan Kegiatan sosialisasi program Jaminan Kesehatan BPJS Kesehatan secara langsung Badan Usaha atau Badan Hukum (Kegiatan Kunjungan)
- Rekrutmen Peserta Pekerja Penerima Upah
- Telemarketing
- Menjaga hubungan kemitraan dengan Badan Usaha
- Monitoring Pendaftaran Peserta dan Pembayaran Iuran Pertama PPU
- Monitoring Registrasi Peserta PPU
- Pemutakhiran data potensi pekerja Badan Usaha
Persyaratan Pencari Kerja :
- Diutamakan memiliki pengalaman sebagai tenaga pemasaran
- Memiliki kendaraan minimal sepeda motor dan SIM
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
ADMINISTRASI PERLUASAN KEPESERTAAN (KODE PEMINATAN : APK)
Gambaran Pekerjaan :
- Memverifikasi, menyimpan, memutakhirkan, melakukan pencarian kembali, memvalidasi, dan mendistribusikan dokumen atau data;
- Membuat laporan aktifitas yang relevan terkait ruang lingkup pekerjaan secara berkala;
- Melakukan evaluasi dan memberikan masukan terhadap unit kerjanya yang terkait dengan pedoman yang berlaku.
Persyaratan Pencari Kerja :
- Memiliki keberminatan dalam mengelola data dalam jumlah besar (big data)
- Memiliki kemampuan olah data dengan excel
PENAGIHAN (KODE : PNG)
Gambaran Pekerjaan :
- Mengelola keabsahan/validitas data tagihan iuran melalui koordinasi dengan staf administrasi kepesertaan meliputi pengumpulan data analisa dan hasil perhitungan iuran berdasarkan data masterfile kepesertaan
- Mengelola administrasi penagihan dan melakukan kegiatan penagihan dimulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 10 setiap bulannya kepada peserta dan pemberi kerja
- Melakukan koordinasi dengan petugas pemeriksa terkait dengan kepatuhan pembayaran iuran peserta dan pemberi kerja setelah melakukan kegiatan penagihan iuran sesuai dengan SLA
Persyaratan Pencari Kerja :
- Terbiasa melihat angka rupiah
- Memiliki kemampuan negosiasi
UMUM DAN KESEKRETARIATAN (KODE : UKS)
Gambaran Pekerjaan :
- Melaksanakan kegiatan pemeliharaan, perbaikan atau service aset
- Membuat kodefikasi aset sesuai klasifikasinya dan unit kerja yang membutuhkan
- Melakukan pemilahan surat sesuai dengan klasifikasi yang telah ditentukan sebelumnya
Persyaratan Pencari Kerja :
- Menyukai pekerjaan yang bersifat administratif
ADMINISTRASI PEMERIKSAAN (KODE : APM)
Gambaran Pekerjaan :
- Monitoring dan Evaluasi pemberian data atas ketidakpatuhan peserta;
- Pemeriksaan data
- Pemeriksaan lapangan
- Pelaporan ketidakpatuhan kepada instansi pemerintahan terkait
Persyaratan Pencari Kerja :
- Memiliki kemampuan olah data dengan excel
PENGELOLAAN FASILITAS KESEHATAN PRIMER (KODE : PFP)
Gambaran Pekerjaan :
- Pendaftaran fasilitas kesehatan primer
- Pelaksanaan pertemuan kemitraan dengan fasilitas kesehatan
- Supervisi fasilitas kesehatan primer
Persyaratan Pencari Kerja :
- Mampu berhubungan dengan pihak dokter, klinik, dan atau puskesmas
- Memiliki kemampuan mengevaluasi dan membuat umpan balik
Persyaratan Umum Pencari Kerja PTT Jabodetabek :
- Jenjang Pendidikan : D3, D4, dan S1. Termasuk profesi seperti Dokter, Apoteker, NERS
- Latar belakang pendidikan : seluruh jurusan (sesuai dengan kebutuhan BPJS Kesehatan)
- Usia maksimal (per 31 Desember 2019) adalah 25 tahun
- Status Belum menikah
- IPK minimal 2,75
Pilihan penempatan PTT Jabodetabek :
- Kantor Cabang Jakarta Pusat (Jl. Proklamasi, Pegangsaan Menteng)
- Kantor Cabang Jakarta Selatan (Jl. Raya Pasar Minggu)
- Kantor Cabang Jakarta Timur (Jl. Sunan Giri, Kel. Rawamangun)
- Kantor Cabang Jakarta Barat (Jl. Palmerah Barat)
- Kantor Cabang Jakarta Utara (Jl. Plumpang Semper, Koja, Kota Jkt Utara)
- Kantor Cabang Tangerang (JL.Perintis Kemerdekaan II/2 Cikokol Tangerang)
- Kantor Cabang Bogor (Jl. Ahmad Yani No. 62E Tanah Sarel, Kota Bogor)
- Kantor Cabang Bekasi (Jl Veteran No.62 kel. Margajaya Kec bekasi)
- Kantor Cabang Depok (Jl. Margonda Raya Kel. Depok, Kec Pancoran Mas, Kota Depok)
- Kantor Cabang Tigaraksa (Jl. Pemda Tigaraksa KM 1 Sukamulya Cikupa Kabupaten Tangerang)
- Kantor Cabang Cibinong (Ruko Graha Nirwana No 10-11 Jl. Kolonel Eddy Martadipura Pakansari Cibinong)
- Kantor Cabang Cikarang (Komp. Ruko Cikarang Central City Blok F-06 Jl. Raya Cibarusah KM 10 No. 88 Cikarang Selatan Kab. Bekasi)


Tidak ada komentar