Breaking News

Wiranto Klaim Papua dan Papua Barat Damai, Kondusif Sekarang


Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengklaim situasi di Papua dan Papua Barat kini menjadi kondusif dan damai. Dia mengaku mendapatkan laporan tentang masalah ini dari Komandan Komando Militer Regional dan Kepala Kepolisian Daerah di Papua dan Papua Barat.

"Pagi ini saya mendapat laporan dari Papua dan Papua Barat, langsung dari Komandan Distrik Militer dan Kepala Polisi Daerah sendiri, melaporkan situasi Papua dan Papua Barat kepada saya dan mengatakan kepada saya bahwa sekarang kondusif, semua daerah damai , toko-toko sudah buka, kehidupan berjalan kembali, "kata Wiranto saat menghadiri acara musik bertema" Yospan Papua "di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, yang diadakan di tengah-tengah kegiatan hari bebas mobil, Minggu, 1 September 2019 .

Wiranto juga mengucapkan terima kasih kepada rakyat Papua dan Papua Barat. Dia mengatakan bahwa masalah di Papua dan Papua Barat harus didiskusikan dengan sabar dan tenang, seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo.

"Bapak Presiden Jokowi mengatakan bahwa jika ada masalah, tolong tangani dengan sabar [...] maka kita akan berbicara," katanya.


Mantan Panglima Tentara Nasional itu juga menyarankan agar pengajuan pendapat dan penyelesaian masalah tidak boleh dilakukan dengan demonstrasi. "Kami berbicara tetapi tidak dengan demonstrasi, membicarakannya dengan hati," katanya.

Wiranto juga mengucapkan terima kasih karena menurutnya rakyat Papua dan Papua Barat telah bersatu kembali dengan Indonesia. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga persaudaraan Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

"Kita semua bersaudara, torang semua basudara , dari Aceh ke Papua, jadi mari kita lanjutkan ," kata Wiranto.

Demonstrasi yang menyebabkan kekacauan di Papua dan Papua Barat sudah terjadi sejak dua minggu lalu. Serangkaian aksi ini pada awalnya dipicu oleh insiden rasis dan diskriminatif yang terjadi pada pelajar Papua di Surabaya dan Malang.

Tidak ada komentar