Breaking News

Krisis Ekonomi Global Mengancam, Bank Dunia Ingatkan Presiden Jokowi.


Direktur Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo A. Chaves, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta. Senin, 2 September 2019. Dalam pertemuan tersebut, ia mengingatkan pemerintah indonesia tentang pelemahan ekonomi yang bisa mengakibatkan  ancaman terjadinya krisis ekonomi global

Baca juga: Kecelakaan Beruntun Terjadi Di Ruas Tol Cipularang, 8 Orang Luka Dan 7 Meninggal Dunia

"Risiko resesi pada ekonomi global meningkat, ada juga beberapa poin yang perlu diwaspadai pada situasi geopolitik saat ini. Indonesia perlu terus memonitor dan menyiapkan langkah," katanya,

Dalam pertemuan tersebut, Chaves merekomendasikan agar pemerintah Indonesia terus memperbaiki defisit neraca berjalan dengan penanaman modal asing (foreign direct investment/FDI).

 "Cara itu paling baik untuk menambah modal juga memperbaiki aliran portofolio," tambahnya.

Menurutnya, pemerintah Indonesia juga  harus tegas dalam memberikan kepastian hukum terhadap investor asing agar perekonomian indonesia tetap stabil.

"Aturan mainnya harus jelas, stabil," tutur Chaves.

Namun demikian Chaves menyampaikan, sejatinya  Indonesia  memiliki basis yang kuat terutama terkait manajemen makro. Reformasi struktural pada sumber daya manusia, infrastruktur, investasi, FDI, pemungutan pajak, diyakini bakal memberikan kontribusi tinggi dalam mempertahankan kondisi keuangan.

Baca Juga : Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab Di Tantang Anggota DPR RI.

"Soal (pengembangan) SDM, infrastruktur, pengumpulan pemasukan melalui pajak, dan FDI, ini adalah program yang sangat jelas. Saya berharap pemerintah benar-benar mengimplementasikannya demi masa depan negara ini," tutup Chaves.

Tidak ada komentar